SKA (sertifikat keahlian) Arsitek

Untitled-1 copy copy

Mengapa Arsitek harus ber-SKA ?

Undang – Undang No 18 Tahun 1999, tentang JASA KONSTRUKSI :

Memberlakukan Perencana konstruksi dan pengawas konstruksi orang perseorangan harus memiliki sertifikat keahlian (SKA) dan mulai berlaku 1 (satu) tahun terhitung sejak diundangkan (tahun 2000). Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) merupakan Asosiasi Profesi terakreditasi di Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) untuk memproses sertifikat keahlian (SKA).

“BERHATI -HATILAH kepada konsumen / CLIENT yang menggunakan jasa design atau gambar kepada yang bukan ahlinya dan yang belum bersertifikat ( SKA )”

Sertifikasi keahlian ( SKA ) merupakan suatu bentuk pengakuan kompetensi seorang arsitek di Indonesia. Arsitek ber-SKA berarti sudah certified dan registered architect tercatat di LPJKN (sesuai dengan kacamata hukum Indonesia)

SKA merupakan syarat untuk mendapatkan lisensi untuk berpraktek arsitektur di Indonesia (Licensed Architect), terutama bagi daerah yang sudah menerapkannya dalam PERDA masing-masing. (Contoh: Jakarta dengan IPTB-nya dan beberapa daerah lain yang menyebutnya dengan SIBP)

Nah, sedikit banyak sudah tau kan apa pentingnya SKA? Arsitek yang sudah lulus dari perguruan tinggi dan belum memiliki SKA ibarat seorang yang kuliah kedokteran yang baru lulus di perguruan tinggi dan belum KOAS serta belum mendapatkan gelar dokter.

“bayangkan… apa mau teman -teman sekalian di periksa sama orang yang belum mendapatkan sertifikasi keahlian”

“bayangkan juga, apa mau teman – teman sekalian ngeluarin uang yang jumlahnya tidak sedikit untuk rumah yang teman – teman Huni, tetapi tidak terjamin keamanan strukturnya, dan kenyamanannya”

sumber : klik disini

Ilustrasi 

12507438_1214311175262049_6900328717506634279_n

img_88223

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s